Upaya Memandirikan Pesantren : Pondok Pesantren I’anatul Mubtadiin Dukuh Adakan Kunjungan Industri

Indramayu – Pondok Pesantren I’anatul Mubtadiin Dukuh Indramayu melaksanakan salah satu usaha kemandirian pondok pesantren yaitu Excellent Enterpreneur of Boardingschool ke Abon Ikan Nila Ibu Aas yang terletak di Cijambe Subang pada Kamis, (16/20).

Menurut Ketua Yayasan Pondok Pesantren I’anatul Mubtadiin, Gus Farhan bahwa Kunjungan ini bertujuan agar santri di masa depan mampu mengembangkan potensi di dunia usaha.

“Tujuan kunjungan kami ke Abon Ikan Nila Ibu Aas adalah untuk belajar pra produksi, pelaksanaan produksi dan pemasaran pasca produksi. Hal ini dipandang perlu oleh setiap santri agar dapat memahami salah satu modal pembelajaran jika nanti kembali ke tengah masyarakat, “ujarnya.

Selain itu pula, owner Abon Nila Ibu Aas, saat dikunjungi mengaku sangat mengapresiasi kunjungan yang diadakan oleh Pondok Pesantren I’anatul Mubtadiin Dukuh Indramayu ke dapur produksinya.

“Saya sangat bangga, pondok pesantren hadir dan berusaha menjadi lembaga maju dan berkemandirian. Hal ini seharusnya dapat ditiru oleh pondok pesantren lainnya, agar kelak bisa mengikuti perkembangan kemandirian ekonomi serta dapat berdikarinya untuk setiap santri lulusan pondok pesantren, “pungkasnya.

Dalam akhir kunjungannya, Gus Farhan melihat cara produksi Abon Nila dari awal hingga akhir dan dilanjutkan foto bersama Owner Abon Ikan Nila Subang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *